Knowledge Management Audit

Knowledge Management Audit

Pedoman Evaluasi Kesiapan Organisasi
Mengelola Pengetahuan

Penulis : Ningky Munir
Penerbit: Penerbit PPM
Harga : Rp.35.000/eks

Setiap organisasi perlu mengembangkan kemampuan atau keunggulan bersaingnya agar dapat bertahan,bersaing, dan mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan baik. Sumber daya yang dibutuhkan untuk keberlangsungannya itu tidak semata-mata dari sumber daya tradisional seperti sumber daya alam,tenaga kerja, dan dana,melainkan juga dari sumber daya tanwujud (intangible resources),yaitu pengetahuan (intellectual capital).

Untuk memperoleh manfaat sebesar-besarnya dari pengetahuan yang dimiliki dan untuk mengetahui pengetahuan apa yang harus dimiliki, perusahaan harus mengelola pengetahuannya melalui Knowledge managament. Dengan knowledge management, secara sadar organisasi mengidentifikasi pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki dan memanfaatkannya untuk meningkatkan kinerja dan menghasilkan berbagai inovasi.

Audit manajemen pengetahuan adalah kegiatan memeriksa secara sistematis kualitas pengelolaan pengetahuan di suatu organisasi. Melalui audit manajemen pengetahuan dapat diperoleh gambaran tentang :
- Pengetahuan yang dimiliki dan dibutuhkan oleh organisasi.unit kerja;
- Kesiapan organisasi memfasilitasi pembelajaran; dan
- Kualitas proses-proses pengelolaan pengetahuan.

0 komentar:

Powered By Blogger

Terima Kasih telah berkunjung

  © Blogger template Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP